Saturday 6 December 2014

Keluarnya Dajjal

Salah satu tanda besar kiamat adalah keluarnya Dajjal, seorang anak Adam Yang mempunyai ciri-ciri yang jelas, akan dapat dikenali oleh setiap mukmin apabila ia telah keluar. Fitnah Dajjal adalah fitnah yang paling besar di muka bumi. Fitnah Dajjal merupakan fitnah yang paling besar sejak Allah ciptakan Adam sampai hari kiamat. Dajjal membawa dua sungai yang mengalir, salah satunya terlihat air putih, dan yang lainnya terlihat api yang menyala-nyala. Apabila seseorang mendapati hal itu hendaklah ia masuk ke sungai yang tampak api, pejamkan mata, tundukkan kepala, minumlah ! Itu adalah air yang sejuk. Dajjal mengaku sebagai rabb, menyuruh hujan untuk turun, lalu turun, menyuruh bumi untuk menumbuhkan tanaman, lalu tumbuh tanaman, menghidupkan orang mati dan yang lainnya sebagai fitnah bagi kaum Muslimin.

Ciri-ciri Dajjal:

dajjal3
Ilustrasi Ciri-Ciri Dajjal

 

 
 
 
 
 
 
 
1. Seorang yang masih muda, wajahnya merah, tubuhnya pendek, kakinya bengkok,
rambutnya keriting.
2. Mata sebelah kanannya buta (menonjol keluar) bagaikan buah anggur yang mengapung .
3. Di atas mata kirinya ada daging tumbuh.
4. Tertulis di antar kedua matanya  ك ف ر  (kafir) dapat dibaca oleh setiap muslim yang bisa baca tulis ataupun tidak bisa baca tulis.
5. Dajjal adalah seorang yang mandul tidak mempunyai anak.
Dari Anas bin Malik: Bahwasanya Rasulullah saw bersabda: "Tidak ada seorang Nabipun kecuali telah memperingatkan ummatnya tentang Dajjal yang buta sebelah lagi pendusta. Ketahuilah bahwa Dajjal maatanya buta sebelah, sedangkan Rabb kalian tidak buta sebelah. Tertulis di antara kedua matanya: ك ف ر (kafir)- yang bisa dibaca oleh setiap muslim."

Tempat keluarnya Dajjal

Dajjal akan muncul dari arah timur dari Khurasan (sekarang terletak di Iran timur) dengan diiringi 70.000 orang Yahudi Ashbahan (sebuah kota di tengah Iran).

Tempat-tempat yang dimasuki Dajjal

  • Dajjal berjalan di muka bumi dengan cepat seperti hujan yang ditiup angin. Ia masuk ke setiap nergeri kecuali Makkah dan Madinah karena (kedua kota itu) dijaga para Malaikat. 
  • Ketika ia tidak dapat masuk Madinah, maka kota Madinah berguncang tiga kali, lalu keluarlah orang kafir dan munafiq, kaum munafiq laki-laki dan permpuan (keluar) menuju Dajjal.
  • Dalam riwayat lain, keluarlah orang munafiq laki-laki dan perempuan, dan fasiq laki-laki dan perempuan menuju Dajjal, itulah Yaumul Khalash (hari pembebasan).
  • Di riwayat yang lain, Dajjal tidak dapat masuk ke empat masjid, yaitu: Masjidil Haram, Masjid Nabawy, Masjid al-Aqsha, dan Masjid ath-Thuur.
  • Dajjal berada di muka bumi selama 40 hari, sehari seperti setahun, sehari seperti sebulan, sehari seperti sepekan, dan sisanya seperti hari-hari biasa.

Dibunuhnya Dajjal


Dajjal akan dibunuh oleh Nabi Isa as. di Bab (pintu) Ludd (suatu desa di dekat Baitul Maqdis), di Palestina.
Penjagaan diri dari fitnah Dajjal
1. Berlindung kepada Allah dari fitnah Dajjal, setiap selesai dari tasyahhud akhir setiap shalat.
Dari Abu Hurairah: Rasulullah saw. bersabda: "Apabila seseorang di antara kalian telah selesai tasyahhud akhir, maka berlindunglah kepada Allah dari empat hal: (1) dari adzab Jahannam, (2) dari adzab kubur, (3) fitnah hidup dan mati, serta (4) dari kejahatan (fitnah) al-Masih ad-Dajjal." 
Redaksi DO'Anya adalah sbb.:
                                         اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
" Ya Allah, aku berlindung kepada -Mu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah hidup dan mati, serta dari kejahatan fitnah al-Masih ad-Dajjal." 
2. Menghafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi.
Dari Abu Darda': Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa yang hafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, dia terjaga dari  fitnah Dajjal." 
Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda: " Barangsiapa di antara kalian yang mengetahui fitnah Dajjal, maka bacalah beberapa ayat pada awal surat al-Kahfi, karena sesungguhnya tu akan melindungi kalian daari fitnahnya (Dajjal)... 
3. Menjauhi tempat fitnah dan tidak mengikutinya.
4. Tinggal di Makkah dan Madinah.

Penjelasan:
  • Kemampuan Dajjal melakukan banyak hal, seperti: menghidpkan mayat yang telah dibunuhnya, menciptakan kemewahan dunia, sungai-sungai, surga dan neraka, memerintahkan langit untuk menurunkan hujan, memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tanaman, dll. itu semua adalah atas kehendak Allah.
  • Kemudian ia dilemahkan sehingga tidak mampu untuk membunuh seorangpun juga dan membatalkan perintahnya. Akhirnya terbunuh ditangan 'Isa bin Maryam .
  • Allah menguatkan orang-orang mukmin dari fitnah Dajjal.
Hasbunallahu wa ni'mal wakiiil - wallaahu 'alaa kulli syai'in qadiir.



Sumber : disini

No comments:

Post a Comment