Saturday 6 December 2014

Do'a Ketika Ada Anjing Menggonggong, Kuda Meringkik, Ayam Berkokok, Petir, Angin Ribut Dan Melihat Hilal.

Do'a Ketika Ayam Berkokok, Kuda Meringkik Dan Anjing Menggonggong
 
 

  1. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah r.a., bahwa Nabi saw. bersabda: "Jika kamu mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari setan, karena sesungguhnya ia telah melihat setan! Dan jika kamu mendengar kokok ayam jantan, maka mohonlah kepada Allah karunia-Nya, karena sebetulnya ia sedang melihat Malaikat!"
  2. Dan menurut riwayat Abu Daud, sabda Nabi saw.: "Jika kamu mendengar lolong anjing dan ringkikan kuda di waktu malam, maka berlindunglah kepada Allah, karena sebetulnya mereka melihat apa-apa yang tidak kamu lihat!"

Do'a Ketika Angin Ribut

 

  1. Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Hurairah r.a. dengan isnad yang hasan bahwa
    ia mendengar Rasulullah saw. bersabda:"Angin itu adalah sebagian dari rahmat Allah Ta'ala, kadang-kadang ia membawa rahmat, dan kadang-kadang pula ia membawa azab. Maka jika kamu melihatnya, janganlah kamu memaki-makinya, hanya mohonlah kepada Allah akan kebaikannya, dan berlindunglah kepada-Nya dari keburukannya!"
  2. Dan dalam shahih Muslim terdapat hadits yang diterima dari 'Aisyah r.a.: "Bila angin bertiup kencang, biasanya Nabi saw. mengucapkan:"    اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ (Ya Allah, aku mohon diberi kebaikannya, kebaikan yang terkandung padanya dan kebaikan yang Engkau kirim dengannya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, dan dari keburukan yang Engkau kirim dengannya)."

Do'a Ketika Mendengar petir

 

  1. Diriwayatkan oleh Turmudzi dari Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi saw.
    mengucapkan:" 
    اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنا بِغَضَبِكَ، ولا تُهْلِكْنا بِعَذَابِكَ، وَعافِنا قَبْلَ ذلكَ   (Ya Allah, janganlah kami sampai dihancurkan disebabkan murka-Mu, janganlah kami dicelakakan dengan siksa-Mu, dan selamatkanlah kami sebelum itu!). (Isnad hadits ini lemah).
  2. سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ  "Maha Suci Allah yang telah menjadikan kilat ini memuji-Nya dan juga Malaikat karena takut kepada-Nya."(HR. Malik dalam Muwatha'nya dari hadits Amir bin Abdullah bin al-Zubair Radhiyallahu 'Anhu. Imam Nawawi menyebutkannya dalam al-Adzkar, hal. 164. Isnadnya adalah hasan sebagaimana disebutkan Syaikh Al-Albani dalam al-Kalim al-Thayyib dengan tahqiqkannya, hal. 156).

Do'a Ketika Melihat Hilal (Bulan Sabit)

 

  1. Diriwayatkan  oleh Thabrani dari Abdullah bin Umar r.a.: "Bahwa nabi saw. bila
    melihat hilal, beliau mengucapkan:'  اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى ، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ(Allah Mahabesar! Ya Allah, terbitkanlah ia atas kami dengan membawa kemanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, serta taufik kepada apa yang Engkau sukai dan ridhai! Tuhan kami dan Tuhamnu ialah Allah)."
  2. Menurut Riwayat Abu Daud yang diterimanya dari Qatadah secara mursal, bahwa Nabi saw. jika melihat hilal, beliau bersabda:"Hilala warusydin hilalal khairin wa rusydin! amantu billahil ladzi khalaqaka (3x) Alhamdulillahil ladi dzahaba bisyahri kadza waja-a bisyahri kadza (Hilal kebaikan dan petunjuk, hilal kebaikan dan petunjuk! Aku beriman kepada Allah yang telah menciptakanmu (3x)." Lalu sabdanya: " Segala puji bagi Allah yang telah melepas bulan Anu dan menggantinya dengan bulan Anu."
 
 
Sumber : disini 
Sumber gambar : disini , disini , disini dan disini

No comments:

Post a Comment