Thursday 6 November 2014

Kuil Sejuta Botol

Dari jutaan botol beling yang disusun, jadilah sebuah kuil yang unik. Namanya kuil Wat Pa Maha Kaew Chedio  atau Kuil Sejuta Botol.

 
Kuil Wat Pa Maha Kaew Chedio terletak di Provinsi Sisaket, sekitar 370 km sebelah timur laut dari Bangkok, Thailand. Penduduk setempat sering menyebutnya Wat Lan Kuad  yang berarti Kuil Sejuta Botol .

Mengunjungi kuil ini, kita akan kagum dengan kreativitas para biksu yang membuatnya. Coba bayangkan, dari botol beling bekas yang biasanya kita buang di tempat sampah, di tangan para biksu bisa berubah menjadi bangunan yang unik.
Awalnya, para biksu memanfatkan botol-botol beling bekas untuk menghiasi tempat tinggal mereka. Ternyata arsitektur yang disusun dari botol bekas itu menarik, sehingga banyak orang menyumbangkan botol.
Dari situlah muncul ide membuat bangunan kuil dari botol. Pembangunan pun dimulai tahun 1984, ketika jumlah botol dirasa sudah cukup. Dengan sentuhan jiwa seni dan kreativitasnya, para biksu memilah-milah jenis botol dan ukurannya untuk dijadian material bangunan.
Botol-botol itu lalu disusun untuk dijadikan tiang, dinding, pagar, dan lainnya. Sedangkan tutup botolnya disusun menjadi hiasan atau dekorasi ruangan.
Penggunaan botol beling sebagai batu bata di kuil ini sungguh sangat menguntungkan. Selain bisa mendaur ulang botol bekas, botol beling warnaya tidak memudar. Keuntungan lainya, penggunakan botol beling memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Di kuil Wat Pa Maha Kaew Chedio, Thailand, banyak orang terinspirasi untuk lebih hemat energi.
 








Sumber : disini
Sumber gambar : disini, disini, disini dan disini

No comments:

Post a Comment