Sunday 23 November 2014

keistimewaan shalat subuh

Perlakuan Khusus terhadap shalat subuh
1.Shalat subuh merupakan salah satu shalat yang pertama kali diwajibkan
Atas kaum muslimin, disamping shalat ashar
2. Adzan subuh berbeda dengan adzan pada shalat-shalat yang lain.

3. Rasulullah memberikan doa khusus setelah shalat subuh yang berbeda dengan shalat yang lain.
4. Rasulullah saw selalu menyuruh kaum muslimin untuk memendekkan bacaan waktu shalat kecuali subuh.
5. Bacaan khusus Rasulullah saw pada hari jumat dan waktu subuh.
6. Shalat subuh tidak bisa di-qashar dan dijama’
• Waktu yang menjadi saksi
Allah mengagungkan waktu subuh didalam Al-Quran, Ia tidak pernah bersumpah dalam kitab-Nya dengan waktu shalat kecuali shalat subuh dan ashar. Allah berfirman “Demi Fajar, dan malam yang sepuluh.”(Al-Fajr:1-2)
Waktu subuh adalah waktu yang menjadi saksi. Waktu yang disaksikan hamba Allah yang mulia, yaitu para malaikat! Semua malaikat yang ada dilangit turun ke bumi untuk menyaksikan shalat subuh !
• Berada di bawah lindungan Allah
Rasulullah saw memberi janji, bahwa bila shalat subuh anda kerjakan, maka Allah akan melindungi anda seharian penuh. Rasulullah saw bersabda :
“Barang siapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barang siapa yang membunuh orang yang menunaikan shalat subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka.”(HR Muslim,At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
• Muara Ilmu dan Iman
Rasulullah saw menjadikan shalat subuh sebagai kesempatan mengajarkan kebaikan kepada para sahabatnya. Beliau sering menyampaikan pelajaran dan penjelasan tentang berbagai hal setelah shalat subuh. Beliau memberi jawab atas pertanyaan sahabat-sahabatnya. Beliau juga menerangkan sebuah mimpi atau hal-hal lain yang berkaitan dengan pembinaan. Sungguh shalat subuh merupakan pertemuan ilmiyah dan pertemuan iman yang sangat bagus dan mulia karena shalat subuh merupakan saat-saat ketika hati dan pikiran sedang jernih. Bahkan malaikat juga turut menjadi saksi bagi orang-orang yang berada dalam rumah Allah dan membicarakan kalam Ilahi.
• Latihan harian bagi Ruhani
Rasulullah saw selalu menganjurkan untuk tetap tingal di dalam masjid setelah shalat subuh, hingga waktu terbit matahari. Waktu pagi ibarat acara pelatihan peningkatan keimanan yang sangat agung, sebagai permulaan menapaki hari-hari bagi seorang mukmin.
• Berkah ditiap langkah
Rasulullah saw menarik perhatian para sahabat dan perhatian kita, dengan pernyataannya bahwa keberkahan itu ada di waktu pagi. Jam-jam pertama di pagi hari (setelah shalat subuh) merupakan waktu paling barakah dalam satu hari penuh. Rasulullah saw bersabda” Ya Allah berkatilah umatku di waktu pagi.”(HR At-tirmidzi,Abu daud,Ahmad, dan Ibnu Majah)

Sumber : disini

No comments:

Post a Comment