Wednesday 5 November 2014

Asal Usul Nama Rupiah dan Perjalanan Uang di Indonesia

Gambar Uang Kertas Indonesia yang Sekarang
 Gambar Uang Logam Indonesia yang Sekarang













> Asal Usul Nama Rupiah <

30 Oktober diperingati sebagai Hari Keuangan . Peringatan ini berawal dari 30 Oktober 1946 dengan diterbitkannya emisi pertama uang kertas ORI  pada tanggal 30 Oktober 1946. Pemerintah Indonesia menyatakan tanggal tersebut sebagai tanggal beredarnya Oeang Republik Indonesia (ORI).Mata uang negara kita sekarang adalah Rupiah.

Sejak merdeka, kita memiliki setidaknya tiga mata uang yang beredar, yaitu mata uang Jepang, mata uang de Javasche Bank, dan mata uang Belanda (NICA).Setelah 30 Oktober 1946, tiga mata uang yang sebelumnya beredar, dinyatakan tidak berlaku lagi.
Mata uang Indonesia adalah rupiah dengan kode IDR. Asal usul nama rupiah  konon diambil dari mata uang India, yaitu rupee. Namun sebenarnya menurut Adi Pratomo, salah satu sejarawan uang Indonesia, rupiah diambil dari kata rupia dalam bahasa Mongolia. Rupia sendiri berarti perak. Memang sama dengan arti rupee, namun rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia karena adanya penambahan huruf ’h’ di akhir kata rupia, sangat khas sebagai pelafalan orang-orang Jawa.
Nama rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya mata uang rupiah pada jaman pendudukan Dai Nippon tepatnya pada saat terjadinya Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, yang waktu itu menjadi pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan rupiah. Sedangkan Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica. Pada tanggal 2 November, 1949 rupiah mulai ditetapkan sebagai mata uang nasional.

> Perjalanan Uang di Indonesia <

Apabila kita ingin mengetahui bagaimana kisahnya kita dapat berkunjung ke Museum Reksa Artha di Perum Percetakan Uang Republik Indonesia, Jakarta Selatan. 
Ada banyak lukisan dan peralatan yang berkaitan dengan perjalanan uang di Indonesia. Keberadaan mata uang menjadi salah satu lambang penting bagi negara yang merdeka. Setelah memproklamirkan kemerdekaan, Indonesia memerlukan perjuangan untuk mempunyai mata uang negara sendiri. Semua kisah tentang bagaimana Indonesia akhirnya mempunyai mata uang yang sah sebagai negara merdeka bisa kita temukan di museum ini.
Lukisan-lukisan di dinding museum dibuat berdasarkan cerita dari para tokoh yang mengalami masa perjalanan uang rupiah menjadi mata uang sah negara Indonesia. Di museum juga terdapat contoh uang yang berlaku pada zaman dahulu di Indonesia. Ada juga penjelasan tentang kapan uang ini dibuat atau berlaku sebagai alat pembayaran. Di tengah-tengah museum terdapat alat-alat besar yang merupakan pencetak uang pada zaman dahulu. Bahkan untuk uang koin, dibutuhkan lebih dari satu alat untuk membuatnya!




Sumber : buka disini
Sumber gambar : buka disini, disini, disini, disini, dan disini

No comments:

Post a Comment