Thursday 6 November 2014

Khasiat Biji Salak

 Salak sendiri dikenal dengan nama Salaca Edulis atau kadang disebut sebagai Snake Fruit (karena kulitnya seperti kulit ular) memiliki lebih dari 20 spesies. Menurut Nikolai Ivanovich Vavilov, ahli botani asal Rusia, salak berasal dari kawasan Indo – Malaya. Pada perkembangan selanjutnya, salak banyak dibudidayakan oleh negara-negara Filipina, Thailand, Jepang dan Queensland. Di Indonesia, salah satu daerah yang menjadi komoditas unggulan buah salak adalah daerah Bali. Di Bali, buah salak terus dikembangkan sebagai komoditas ekspor. Daerah-daerah lain di Indonesia yang juga mengembangkan komoditas buah salak adalah Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Maluku. Dan anda tentu pernah dengar, apa itu salak pondoh. 

Kembali lagi ke peranan kopi salak untuk menggempur hipertensi dan asam urat. Tapi apa itu kopi salak ? Kopi dicampur salak kah ? Atau makan salak terus minum kopi ? Sebenarnya yang tepat adalah biji salak yang dibikin kopi.

Caranya adalah :
- Ambil bebarapa biji salak( jumlahnya terserah ), pilih yang sudah tua 
- Cuci bersih biji salak, lalu keringkan 
- Sangrai ( goreng tanpa minyak ) biji salak tersebut sampai benar-benar matang tapi jangan sampai gosong agar tidak pahit 
- Tumbuk biji salak yang telah disangrai sampai cukup halus, lalu ayak agar memperoleh ukuran yang seragam 
- Kopi dari biji salak sudah siap digunakan 

Untuk pengobatan menggempur asam urat dan hipertensi, kopi salak ini dikonsumsi sebagaimana minum kopi biasa. Rasanya cukup nikmat ( dengan masih tersisa sedikit aroma salak ). Cukup sederhana tapi ,…khasiatnya rruarrrr biasa !!! 

Memang sampai saat ini belum banyak dijumpai penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara terbuka tentang biji salak dan khasiatnya. Sehingga kami belum memberikan data ilmiah untuk hal ini. Tapi pengalaman telah membuktikan khasiatnya. 

Dari pengalaman yang telah mencoba, baru minum beberapa teguk ( tidak sampai satu cangkir ), penderita hipertensi / darah tinggi yang sedang kebetulan naik tekanan darahnya selang beberapa puluhan menit ( juga tidak sampai satu jam ) sudah merasa enakan tubuhnya. Juga pengalaman yang sebaliknya. Maksudnya, ada penderita hipotensi /tekanan darah rendah yang tidak percaya yang mencoba. Setelah minum beberapa teguk kopi salak, tubuhnya terasa lemah, kepala berputar. Pertanda tekanan darahnya tambah turun.


Sumber : disini 
Sumber gambar : disini

No comments:

Post a Comment